Suka Vitamin Blog Makanan Sehat sebagai Sumber Vitamin A yang Baik untuk Mata

Makanan Sehat sebagai Sumber Vitamin A yang Baik untuk Mata

 

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang masuk ke dalam kelompok vitamin yang larut lemak. Vitamin A ini berfungsi utama untuk menjaga fungsi penglihatan. Selain itu, vitamin ini mampu menstabilkan sistem kekebalan tubuh agar tetap normal dan mendukung perkembangan tubuh lainnya. Makanan yang mengandung vitamin A dibagi dalam dua jenis yaitu retinoid yang dapat ditemukan pada makanan hewani dan karotenoid yang ditemukan pada makanan nabati. Untuk itu, konsumsilah berbagai sumber vitamin A yang direkomendasikan ini agar kesehatan mata tetap terjaga.

  1. Bayam

Bayam ini terkenal sebagai sayuran hijau yang kaya nutrisi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk organ penglihatan kita. Jika pada umumnya bayam dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang kaya kandungan zat besi, bayam ini mengandung vitamin A yang sangat memadai. Sayuran yang berdaun hijau gelap ini mempunyai kadar beta karoten sebanyak kurang lebih 2.699 mikrogram (mcg) dalam 100 gram (gr) bayam. Terbilang sangat tinggi, bukan? Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk sayuran ataupun dibuat jadi jus.

READ  Kenali Setiap Penyebab Gangguan Pencernaan Berikut  

1. Pepaya

Sumber vitamin A berikutnya adalah buah pepaya yang terkenal dengan rasanya yang manis dan baik untuk pencernaan. tak hanya sebatas itu, ternyata buah pepaya ini punya kandungan vitamin A yang sangat memadai dan membantu Anda menjaga kesehatan mata. Hal tersebut terbukti dengan adanya sekitar 1.038 mcg beta karoten dalam 100 gram buah pepaya.

2. Wortel

Wortel adalah sumber vitamin A yang sangat ampuh menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi optimal. Mengonsumsi wortel secara teratur bisa menurunkan risiko penurunan fungsi penglihatan mata seperti minus atau silinder. Dalam mengonsumsi wortel ini, Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai macam olahan, di antaranya mengonsumsinya langsung sebagai camilan sehat, membuatnya menjadi jus, atau membuatnya dalam bentuk sop.

3. Hati Sapi

Selain terdapat pada sayuran dan buah, vitamin A yang baik untuk kesehatan mata juga terdapat dalam hati sapi. Hati sapi yang sering dikenal sebagai salah satu golongan jeroan ini kaya akan retinol yaitu sebanyak 1.201 mcg. Meski demikian, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jeroan, termasuk hati sapi ini, mengingat terdapat berbagai efek samping yang bisa mengikuti setelahnya. Bahkan, risiko Anda semakin besar jika mengalami kelebihan vitamin A.

  1. Keju
READ  Cara Mencegah Gangguan Pencernaan yang Wajib Kamu Ketahui

Apakah Anda penggemar keju? Jika Anda termasuk pecinta keju, berbahagialah karena selain kaya akan kalsium dan zat besi, ternyata keju juga dilengkapi retinol dan beta karoten sebagai sumber vitamin A. Dikutip dari hellosehat.com, keju mengandung retinol sekitar 227 mcg dan beta karoten sebanyak 128 mcg dalam setiap 100 gram keju.

4. Telur

Selain kaya protein hewani, telur juga mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Telur ini dapat dikonsumsi dalam berbagai olahan, di antaranya telur goreng, telur rebus, dan berbagai olahan makanan lezat lainnya yang menggunakan telur sebagai komposisinya, seperti omelet, mi rebus, dan sop.

5. Ikan

Ikan yang dapat dikonsumsi dan merupakan sumber vitamin A adalah ikan salmon dan ikan tuna. Keduanya mampu mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan vitamin A oleh tubuh. Kesehatan mata juga jadi terjamin dengan pemenuhan nutrisi dari ikan tersebut.

READ  Manfaat Vitamin B Kompleks, Mulai dari Vitamin B1 Sampai B12

6. Udang

Apakah Anda suka udang? Tentu cita rasanya yang lezat sangat menarik untuk dikonsumsi. Udang ini merupakan makanan kaya protein dan juga vitamin A. Karenanya, kebutuhan nutrisi untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh bisa diperoleh dari udang. Meskipun demikian, perlu diingat juga bahwa Anda yang punya alergi terhadap udang agar jangan mengonsumsinya atau memilih membatasi konsumsinya demi agar alerginya tidak kambuh.

Berbagai sumber vitamin A di atas sangat membantu Anda menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi normal. Cara efektif dan alami ini perlu diterapkan secara rutin dan berkelanjutan demi mencegah kerusakan pada mata. Persoalan mata seperti mata lelah, kering, dan pedih juga bisa dikurangi.

 

Sumber artikel:

hellosehat.com

www.halodoc.com

www.alodokter.com

 

Sumber gambar:

faseberita.id

hot.liputan6.com

hitsbanget.com