Suka Vitamin Blog Kenali Setiap Penyebab Gangguan Pencernaan Berikut  

Kenali Setiap Penyebab Gangguan Pencernaan Berikut  

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita harus menjaga kesehatan di dalam tubuh. Dengan menjaga kesehatan, kita akan tidak mudah terjangkit oleh berbagai penyakit. Salah satunya adalah sebuah gangguan yang bisa kamu alami dalam aliran pencernaan. Tentunya gangguan ini akan sangat menghambat aktivitas kita di dunia maya karena perhatian kita akan terfokus pada rasa sakit di area perut.

Gangguan yang memiliki nama lain dispepsia ini adalah gangguan yang terjadi saluran pencernaan. Gangguan ini ditandai dengan rasa panas di area atas perut dan bawah dada. Bahkan tidak jarang pula gangguan ini menyebabkan rasa sakit yang akan datang bersamaan dengan rasa panas. Gangguan ini bisa menjadi salah satu tanda dari datangnya beberapa penyakit, seperti maag, gastroesophageal reflux (GERD), bahkan hingga penyakit kantung empedu.

Dilansir dari situs hellosehat.com, gangguan dalam pencernaan ini akan lebih beresiko pada orang yang meminum ganyak alkohol, orang yang depresi atau memiliki kecemasan, sampai mereka yang mengonsumsi aspirin untuk menghilangkan rasa sakit. Tetapi, hal ini bukan berarti menghilangkan fakta bahwa gangguan pencernaan hanya bisa menjangkit orang-orang tersebut. Gangguan ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Untuk itulah kamu harus menyetahui penyebab dalam gangguan pencernaan.

READ  Makanan Sehat sebagai Sumber Vitamin A yang Baik untuk Mata

Dalam sistem pencernaan, terdapat banyak sekali sebab-sebab dari gangguan sistem pencernaan. Penyebab ini tergantung dari penyakit yang diderita pada saat gangguan terjadi. Berikut adalah beberapa sebab terjadinya gangguan pencernaan berdasarkan penyakit yang diderita.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD adalah salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan oleh melemahnya cincin otot yang terdapat di dalam kerongkongan sehingga membuat asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Seperti yang dikatakan di sirus alodokter, cincin ini berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung dan makanan yang sudah masuk kembali ke kerongkongan.

Penyakit Esofagitis

Apakah kamu pernah merasa sakit ketika menelan makanan? Jika pernah, ada kemungkinan bahwa kamu mengalami gangguan pencernaan yang disebut dengan eaofagitis. Gangguan ini terjadi akibat peradangan di sekitar area esofagus yang apabila berlanjut bisa menyebabkan penyempitan pada area kerongkongan.

READ  Paket Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan Tubuh

Gastritis

Gastritis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Hal ini adalah salah satu penyebab gangguan pencernaan yang bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan bisa datang secara tiba-tiba atau bersifat akut.

Penyakit Tukak Lambung

Tukak lambung atau dalam istilah medis disebut sebagai pepric ulcer adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh terdapatnya luka terbuka pada lapisan lambung atau usus 12 jari. Luka ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau penggunaan aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid yang digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Akalasia

Akalasia adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada saraf di area sekitar esofagus. Kerusakan ini menyebabkan otot katup kehilangan kelenturannya sehingga makanan sulit untuk menuju lambung.

Pankreatitis

Sesuai namanya, Pankreatitis adalah gangguan pencernaan yang terjadi di organ pankreas. Penyebab gangguan pencernaan yang satu ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi di organ pankreas.

READ  Cara Mencegah Gangguan Pencernaan yang Wajib Kamu Ketahui

Radang Usus

Radang usus terjadi akibat peradangan yang terjadi di sekitar usus. Sebagaimana kita ketahui bahwa usus adalah salah satu organ pencernaan yang sangat penting. Karena itulah ketika terjadi radang pada usus, maka sistem pencernaan juga terganggu.

Beberapa poin di atas adalah sedikit dari banyaknya penyebab gangguan pencernaan. Jika ditelusuri lagi, masih banyak penyebab-penyebab lain, seperti kanker usus besar, batu empedu, kolesistitis, hepatitis, sirosis, divertikulitis, proktitis, wasir, dan lain sebagainya.

Agar aktivitas sehari-hari bisa lancar, tentunya kamu harus menjaga kesehatan. Terutama dari gangguan pencernaan. Jika pencernaan terganggu, otomatis kamu akan mengalami kesusahan dalam mengkonsumsi makanan. Sedangkan makanan adalah sumber energi utama yang bisa didapatkan oleh manusia.

Itulah beberapa penyebab dari terjadinya gangguan pencernaan. Untuk menghindarinya, pastikan setiap makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bersih dan higenis. Selain itu, terapkanlah pola makan 4 sehat 5 sempurna. Pola makan ini bisa merawat sistem pencernaan dengan sangat baik. Semoga bermanfaat!

 

sumber: permadhiokke.harianbernas.com