Suka Vitamin Blog Jenis-Jenis Gangguan Pencernaan yang Sering Terjadi

Jenis-Jenis Gangguan Pencernaan yang Sering Terjadi

 Gangguan pencernaan adalah salah satu jenis gangguan yang menyerang sistem pencernaan dalam diri manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem pencernaan merupakan sistem yang paling penting karena merupakan sistem yang mengatur dan memproses makanan menjadi energi yang kita gunakan untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Gangguan pencernaan ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti peradangan dan infeksi pada organ-organ pencernaan, seperti kerongkongan, usus, dan organ-organ lainnya. Gejala yang ditimbulkan juga bermacam-macam. Mulai dari mual, muntah, begah, rasa panas, sampai rasa sakit yang dirasakan oleh penderita. Tentunya gejala-gejala ini tergantung dari gangguan pencernaan yang diderita.

Dalam kehidupan sehari-hari, gangguan pencernaan ini sering dijumpai. Bahkan bisa dipastikan setiap orang pasti pernah mengalami gangguan sistem pencernaan. Lalu apa sajakah jenis gangguan sistem pencernaan tersebut? Berikut adalah beberapa jenis-jenis gangguan pencernaan yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Diare

Gangguan sistem pencernaan yang pertama adalah diare. Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh memakan makanan di saat yang tidak seharusnya, alergi terhadap makanan tertentu, bahkan bisa juga karena keracunan makanan yang disebabkan oleh kontaminasi bakteri.

READ  Cara Mengobati Gangguan Pencernaan Dengan Memakai Bahan Alami

Seseorang dikatakan terjangkit diare apabila mengalami buang air besar sebanyak lebih dari 3 kali sehari yang disertai dengan feses yang encer. Gejala yang ditimbulkan antara lain muntah, mual, melilit, dan rasa mulas. Perlu diperhatikan bahwa diare tidak mengenal usia. Diare bisa menjangkit siapapun tanla terkecuali, dari anak-anak hingga lansia bisa terkena penyakit ini.

Sembelit

Sembelit adalah sebuah kondisi di mana frequensi BAB menjadi lebih jarang yang disertai dengan kesulitan dalam buang air besar. Sembelit ini umumya disebabkan oleh pergerakan usus yang terus menurun. Seseorang dikatakan terkena sembelit apabila aktivitas buang air besarnya kurang dari 3 kali dalam satu minggu.

Selain itu, sembelit juga memiliki gejala lain. Seperti yang diterangkan di situs alodokter.com, gejala sembelit diantaranya adalah feses yang mengeras, terjadi penyumbatan lada rektum, merasa tidak tuntas dalam BAB, dan mengejan ketika buang air besar. Jika kamu memiliki gejala di atas, ada kemungkinan kamu mengalami gangguan pencernaan sembelit.

READ  Cara Mencegah Gangguan Pencernaan yang Wajib Kamu Ketahui

Hemoroid atau Wasir

Hemoroid atau biasa dikenal sebagai wasir adalah penyakit yang diakibatkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah vena yang terletak di saluran anus atau rektum. Biasanya penyakit ini diderita oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun. Tetapi, penyakit ini juga tidak menutup kemungkinan akan menjangkit semua usia.

Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Gastroesophageal reflux disease atau biasa disingkat GERD adalah sebuah kondisi di mana asam lambung naik ke atas menuju ke kerongkongan. Hal ini terjadi akibat melemahnya katup yang terletak di salam saluran pencernaan bagian kerongkongan bawah. Beberapa gejalanya adalah rasa asam di belakang mulut, batuk tanpa dahak, rasa panas di dada, dan sakit ketika menelan.

READ  Paket Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan Tubuh

Gastritis

Jenis gangguan pencernaan  berikutnya adalah Gastritis. Grastitis terjadi akibat peradangan yang menyebabkan iritasi sehingga dinding lambung terkikis sebagai akibat dari kelebihan asam lambung. Selain itu, gastritis juga bisa dipicu karena penggunaan obat antiradang dalam jangka panjang. Hal terburuknya, gastritis disebabkan oleh infeksi bakteri H.Pylory dan virus penyebab penyakit gastritis.

Dilansir dari hellosehat.com, gejala gastritis pada umumnya adalah sakit perut dan berkurangnya nafsu makan yang dialami oleh penderita. Selain itu, gejala dari gastritis adalah sensasi terbakar di area perut di antara waktu makan atau bisa juga pada malam hari.

Itulah beberapa jenis gangguan pencernaan yang bisa dialami oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Pada hakikatnya, apapun jenis gangguam haruslah dihindari, termasuk gangguan pencernaan. Apabila kita terbebas dari gangguan pencernaan, maka aktivitas kita bisa lancar tanpa ada hambatan yang menganggu. Semoga bermanfaat!

 

sumber: amongguru.com