Suka Vitamin Blog Ini Dia Gejala Gangguan Pencernaan

Ini Dia Gejala Gangguan Pencernaan

Sering kali kita merasakan sakit di bagian perut, tentu saja hal tersebut dapat mengganggu aktivitas menjalani rutinitas sehari-harinya. Secara sadar atau tidak, hal tersebut bisa saja menjadi pertanda terjadinya gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan sendiri merupakan suatu kondisi tubuh di mana adanya masalah pada satu organ di dalam sistem pencernaan. Sebelum ke penjelasan yang berikutnya, perlu diingat apa saja organ pencernaan di dalam tubuh. Organ pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan yang terakhir adalah anus.

Sistem pencernaan tidak hanya melibatkan organ tadi, tetapi ada organ yang lain yang tidak dilalui makanan. Meskipun tidak dilewati makanan, organ-organ ini sangat penting dan berpengaruh dalam proses pencernaan. Organ yang dimaksud adalah hati, pankreas, serta kantung empedu. Semua organ yang baru disebutkan keberadaannya di luar dari jalur sistem pencernaan. Organ-organ tersebut berperan dalam sistem pencernaan sebagai organ penghasil enzim dan kelenjar yang membantu proses pencernaan secara kimiawi.

READ  Makanan Sehat sebagai Sumber Vitamin A yang Baik untuk Mata

Gangguan pencernaan ini sendiri dapat terjadi pada semua usia, baik anak-anak hingga orang lanjut usia. Ada beberapa gejala gangguan pencernaan yang terjadi dan dirasakan secara langsung oleh penderitanya. Penyebabnya pun beragam, dimulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga pola makan yang salah bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan. Apalagi di zaman milenial yang ingin semuanya cepat dan instan, termasuk dalam hal makanan.

Apabila dilihat secara umum menurut alodokter.com, fungsi dari sistem pencernaan adalah menerima dan mencerna makanan yang akan diubah menjadi nutrisi yang kemudian diserap oleh tubuh. Nutrisi dari hasil pencernaan tadi akan disebarkan ke seluruh tubuh, mulai dari otak hingga paru-paru melalui aliran darah yang dipompa oleh jantung.  Selain itu, sistem pencernaan juga bertugas untuk membuang dan memisahkan bagian makanan yang tidak penting dan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Saat fungsi yang seharusnya tidak berjalan sebagaimana mestinya, itu berarti ada gangguan dalam sistem pencernaannya.

READ  Cara Mengobati Gangguan Pencernaan Dengan Memakai Bahan Alami

Gejala gangguan pencernaan sebenarnya dapat terjadi pada siapa saja tanpa adanya batasan usia, serta di mana saja tanpa kenal tempat. Ada beberapa gejala yang sering dialami banyak orang. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai pertanda adanya gangguan pencernaan yang serius ataupun ringan. Gejala-gejala yang terjadi di antaranya sebagai berikut:

  • Mual ataupun muntah, kedua hal ini kerap kali terjadi di waktu yang hampir bersamaan. Keduanya dapat menjadi gejala dari penyakit sistem pencernaan yang serius ataupun yang ringan.
  • Pada bagian kerongkongan seperti ada aliran makanan dari lambung yang ke atas. Gejala ini pun kerap terjadi pada banyak orang.
  • Perut yang terasa kembung yang disertai dengan rasa nyeri pada bagian perut. Bisa juga ada perasaan penuh pada bagian perut, tetapi hanya pada bagian-bagian tertentu saja.
  • Adanya rasa yang tidak nyaman pada perut dan terkadang perut pun terasa berat atau sangat penuh.
  • Banyak bersendawa, tetapi sendawa dari gejala gangguan pencernaan berbeda dari sendawa yang biasanya, karena sendawa ini akan membuat tidak nyaman dan terasa sangat mengganggu.
READ  Paket Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan Tubuh

Gejala yang sudah disebutkan tadi bisa menjadi penyebab dari beragam penyakit pencernaan. Penyakitnya pun tidak selalu penyakit yang ringan atau yang hanya dengan obat tertentu dapat sembuh, tetapi ada pula yang terkena penyakit berat. Jenis penyakitnya pun bermacam-macam, mulai dari maag, diare, asam lambung naik, konstipasi, dan masih banyak lagi. Apabila sudah merasa ada yang salah dengan masalah pencernaan, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter terdekat untuk menerima pertolongan.

Itulah ulasan mengenai gejala gangguan pencernaan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

 

Sumber: halodoc.com