Suka Vitamin Blog Cara Mengobati Gangguan Pencernaan Dengan Memakai Bahan Alami

Cara Mengobati Gangguan Pencernaan Dengan Memakai Bahan Alami

Gangguan pencernaan adalah gangguan yang sangat patut untuk dihindari. Gangguan pencernaan akan membuat penderitanya mengalami panas bahkan hingga rasa sakit pada area sekitar perut. Pada dasarnya penyebab gangguan pencernaan ini sangat banyak tergantung dari penyakit yang diderita. Penyakit gangguan mulai dari maag sampai penyakit besar seperti kanker usus besar.

Karena gangguan ini adalah salab satu gangguan yang harus diwaspadai, maka kamu harus mengetahui gejala-gejala dari adanya gangguan sistem pencernaan. Dikutip dari situs alodokter.com, gejala-gejala yang ditimbulkan juga banyak dan bisa diamati dengan mudah. Beberapa gejalanya adalah sulit dalam menelan makanan, mual, muntah, perut kembung, maag, sampai diare.

Jika kamu menemukan beberapa gejala tersebut, ada baiknya kamu mulai mencari cara untuk menetralisir dan mengobati gejala-gejala tersebut agar sistem pencernaan bisa kembali normal. Ada dua cara mengobati gangguan pencernaan. Pertama, kamu bisa menggunakan obat sesuai dengan anjuran dokter. Kedua kamu bisa melakukan pengobatan dengan obat alami.

Jika kamu tidak begitu suka dengan obat-obatan kimia, kamu bisa mencoba dengan menggunakan obat alami. Kelebihan dari obat alami ini adalah kamu bisa menikmatinya dengan penuh. Selain itu, barang-barang dan bahannya juga bisa didapat dengan mudah sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara pengobatan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati gangguan pencernaan.

READ  Makanan Sehat sebagai Sumber Vitamin A yang Baik untuk Mata

Komsumsi Makanan-Makanan yang Mengandung Serat

Serat adalah salah satu dari sekian banyaknya unsur zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Serat dalam makanan bisa mengatasi gangguan pencernaan, seperti maag dan gangguan pencernaan lainnya, termasuk usus besar dan usus kecil. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa serat mampu menetralisir gangguan pencernaan.

Untuk menemukan makanan yang mengandung serat, kamu tidak perlu bersusah payah. Makanan yang mengandung serat ini sangat banyak ditemukan di dalam kehidupan sehari, khususnya pada sayuran dan buah-buahan. Jadi, jika kamu mengalami gangguan pencernaan, sangat dianjurkan untuk memakan buah-buahan dan sayuran. Tentunya dalam porsi secukupnya.

Teh Chamomile

Teh Chamomile adalah salah satu jenis teh yang terbuat dari Bunga Chamomile. Teh herbal yang satu ini berasal dari dua tempat di dunia, yaitu Roma dan Jerman. Teh Chamomile ini bisa mengatasi berbagai penyakit gangguan pencernaan, seperti diare, kram perut, kolik, dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

READ  Jangan Remehkan Salah Satu Penyebab Hipermagnesemia Ini

Seperti yang dikatakan di halaman hellosehat.com, Teh Chamomile memiliki sifat antikejang yang dapat sangat membantu dalam mengendurkan otot-otot pasa organ usus halus, terutama pada mereka yang memiliki kasus IBS atau irritable bowel syndrome. IBS adalah salah satu sindrom yang terjadi akibat iritasi pada usus besar sehingga menyebabkan nyeri di area perut, gas, diare, dan sembelit.

Cara ini adalah salah satu cara mengobati gangguan pencernaan alami yang sangat menguntungkan. Selain bisa langsung dinikmati, Teh Chamomile juga memiliki efek yang memberikan ketenangan dan meringankan rasa sakit pada penderita gangguan pencernaan.

Teh Jahe

Masih dalam kategori teh, teh jahe merupakan salah satu cara yang bisa digunakan dalam mengobati gangguan pencernaan. Teh jahe ini dapat merangsang produksi air liur dan melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, teh jahe juga bisa mengatasi gangguan pencernaan, seperti kembung, mulas, dan sakit perut.

READ  Ketahui Ciri-ciri Hipermagnesia Untuk Hidup Lebih Sehat

Hal ini dikarenakan di dalam teh jahe terdapat salah satu senyawa yang dinamakan fenolat. Senyawa ini bisa meredakan iritasi yang terjadi di dalam saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi yang terjadi di sekitar lambung. Selain itu, teh jahe ini juga bisa mengurangi resiko naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Tetapi, cara ini adalah salah satu cara yang bisa sangat ampuh dalam mengobati  gangguan pencernaan. Tetapi, cara ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya jahe bisa meningkatkan resiko keguguran yang akan berakibat fatal bagi janin.

Itulah beberapa cara mengobati gangguan pencernaan dengan cara alami. Semua cara tersebut bisa kamu lakukan di dalam kehidupan sehari-hari dengan bahan yang mudah ditemukan dan pastinya bisa dikonsumsi kapanpun dan di manapun. Semoga bermanfaat!

Sumber: doktersehat.com